Category Here : Kesehatan Umum

Wajib Tahu! Ini Saran WHO Soal Memakai Masker Bagi Anak-anak

Vivamus molestie gravida turpis

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir ini, memakai maskersudah menjadi kewajiban untuk mencegah penularan virus.

Menyikapi hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyampaikan saran terkait penggunaan masker pada anak-anak.

Pasalnya, masih banyak orangtua yang belum paham mengenai pemakaian masker pada anak mereka.

Yuk Moms, simak penjelasan yang dikutip dari laman resmi WHO ini agar lebih memahami cara melindungi si kecil dengan baik.

Wajibkah anak memakai masker?

Meski penggunaan masker pada anak-anak sama pentingnya bagi orang dewasa, ternyata ada batasan umur yang disarankan oleh WHO dalam mewajibkan anak memakai masker.

Anak berusia 0-5 tahun tidak diwajibkan memakai masker demi masalah keamanan. Di usia tersebut, mereka cenderung belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakan, sehingga dikhawatirkan Moms tidak tahu saat si kecil merasa sesak.

Sementara itu, anak usia 6-11 tahun mulai disarankan untuk memakai masker. Moms juga dianjurkan untuk memberi edukasi tentang pentingnya memakai masker dan menjaga jarak.

Untuk anak berusia 12 tahun ke atas, memakai masker sudah menjadi kewajiban. Mereka juga diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan sama halnya dengan orang dewasa.

Anak dengan kondisi tertentu

Adapun pengecualian bagi anak dengan kondisi tertentu sehingga tidak diwajibkan untuk memakai masker.

Anak tidak diwajibkan memakai masker bila memiliki masalah kesehatan, seperti mengidap masalah pernapasan saat menggunakan masker atau gangguan mental.

Namun, bagi anak dengan kondisi penyakit yang menyerang sistem imun seperti fibrosis sistik (gangguan paru-paru dan pencernaan) dan kanker, WHO menyarankan untuk tetap memakai masker.

Pemakaian masker pada anak dengan kondisi tersebut juga harus sesuai dengan anjuran dokter atau tenaga medis yang menanganinya.

Jenis masker yang disarankan

Anak-anak dengan kondisi kesehatan yang baik dianjurkan untuk memakai masker kain yang dinilai lebih efektif mencegah virus melalui benang fiber.

Namun, Moms harus pastikan masker kain sesuai dengan bentuk wajah si kecil sehingga tidak terlalu longgar.

Selain itu, Moms juga perlu memastikan bagian terpenting yang harus tertutup oleh masker, diantaranya hidung, mulut, dan dagu.

Adapun kondisi yang mengharuskan si kecil untuk memakai masker bedah, yaitu bila si kecil dalam keadaan tidak sehat atau terpapar virus Covid-19.

Hal ini berguna untuk mencegahan penularan terhadap orang lain atau virus penyakit lainnya yang berpotensi menulari dirinya.

Kapan harus pakai masker?

Apabila di rumah Moms ada penderita Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri, maka seluruh anggota keluarga termasuk si kecil wajib memakai masker sebagai perlindungan.

Di luar itu, pemakaian masker pada anak juga dianjurkan saat ia sedang berada di ruang publik.

Namun, saat melakukan aktivitas seperti olahraga atau kegiatan fisik lainnya, si kecil tidak diwajibkan untuk menggunakan masker agar ia bisa bernapas bebas.

Moms juga perlu memastikan bahwa aktivitas tersebut aman, tidak terlalu ramai, dan si kecil selalu menjaga jarak dari teman-temannya.

Pemakaian face shield

Di kondisi tertentu, si kecil mungkin tidak dapat memakai masker karena masalah kesehatan dan sebagainya.

Alternatif lain yang dinilai cukup aman adalah memakai face shield. WHO memaparkan, penggunaan face shield harus menutupi seluruh wajah hingga ke dagu.

Moms juga harus memastikan bagian samping face shield tidak longgar, sehingga tidak ada celah yang memungkinkan perlindungan tidak maksimal.

Nah, selain mencegah virus dengan memakai pelindung seperti masker dan face shield, Moms dan si kecil wajib mengikuti protokol kesehatan 3M.

3M merupakan rangkaian sederhana dalam mencegah penularan virus corona, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Supaya bisa beraktivitas seru dan aman, yuk Moms mulai ajari si kecil untuk menerapkan 3M sehari-hari.

Sumber: https://nakita.grid.id/read/022433189/wajib-tahu-ini-saran-who-soal-memakai-masker-bagi-anak-anak?page=all 

# ShutDown